Tempat Terapi Wicara

Tempat Terapi Wicara

Tempat Terapi Wicara

Fenomena anak dengan gangguan bicara bisa dibilang sangat membuat para orang tua menjadi resah dan khawatir akan perkembangan anaknya. Bagaimana tidak ? Pasalnya bahasa berguna untuk anak saat berkomunikasi, maka bahasa sangat berperan penting dalam menjalankan kehidupan bermasyarakatnya nanti sehingga berjalan dengan mudah dan normal untuk bersosialisasi. Gangguan bicara ini memang telah menjadi hal yang membuat gundah para orang tua yang mempunyai anak pada usia 2 tahun keatas. Terlebih lagi dengan semakin meningkatnya angka anak gangguan bicara dari hari ke hari, tentu membuat orang tua berpikiran bagaimana jika sang anak belum bisa berbicara pada usia 3 tahun. Untuk mengatasi masalah ini, banyak para orang tua yang disarankan untuk mengunjungi dan membawa anaknya ke Tempat Terapi Wicara.

 

Dewasa ini klinik terapi memang telah menjadi suatu pilihan alternatif bagi para orang tua yang ingin memberikan terapi kepada anaknya, selain mengunjungi dokter anak. Pada umumnya terapi wicara menggunakan sarana audio atau video dalam pengobatannya. Akan tetapi khusus untuk pengobatan anak-anak, metode yang digunakan adalah melalui sarana boneka, bermain, hingga belajar seperti menggambar. Untuk masalah waktu menjalankan terapi itu sendiri tergantung dari gangguan yang diderita si anak, semakin serius gangguan bicara anak anda maka semakin lama waktu terapi yang dijalankan. Berikut ini adalah prosedur yang dilakukan pada saat menjalankan terapi bicara pada anak :

  1. Untuk langkah awal, anak anda akan diberikan keterampilan yang baru seperti melafalkan suatu wicara.
  2. Ahli terapis akan mengajarkan cara terapi kepada anak, seperti interaksi pada saat bermain, percakapan dan yang pasti dilakukan dengan penuh kesabaran dan pengayoman.
  3. Selama terapi anak akan dihadapkan pada lingkungan yang hangat dan mendukung demi terjalannya proses terapi dengan lancar. Selain itu terapi juga memakai cara permainan, reward atau hadiah dengan tujuan agar sang anak terdorong untuk ikut melakukan interaksi dan belajar.
  4. Dibalik semua cara yang dilakukan diatas, peran orang tua adalah kunci dari semuanya. Orang tua sangat berpengaruh dengan perkembangan sang anak pada saat terapi. Berikanlah kepercayaan yang lebih kepada terapis dalam melakukan pengayoman kepada anak anda agar terapi bisa berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal, diharapkan para orang tua untuk mengulang kembali pelajaran dirumah seperti apa yang didapat ditempat terapi. Dan pastikan anak anda selalu mengikuti kegiatan terapi dengan baik dan teratur sesuai jadwal yang diberikan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan baik.
Tagged with: , , , , , ,
Posted in Artikel
Hubungi Kami
0851 014 0 3939
0853 743 0 3939


Alamat
Jl. Mesjid Bendungan
RT 02/07 No.28a
Dewi Sartika_Cawang
Jakarta Timur
13630
Google Maps

Ruko Bukit Cimanggu City
Blok A1 No.42
(Sebelah Hotel Bogor Icon)
Bogor
16166
Google Maps

SD AL AZHAR Pusat
Lantai 2
Jl. Sisingamangaraja, Keb. Baru
Jakarta Selatan
12110
Google Maps
Layanan AMGCLINIC