Pentingnya Terapi Bicara pada Anak Sejak Usia Dini

Terapi wicaraBelakangan ini banyak orang tua yang khawatir pada anak-anak mereka karena pada usia-usia tertentu yang seharusnya si anak bisa sekedar mengucapkan beberapa kalimat sederhana seperti “ayah, ibu, makan, dsb”, tapi kenyataannya si  anak masih belum bisa mengeluarkan kata-kata tersebut dari mulutnya. Tetapi kebanyakan dari orang tua masih menganggap bahwa masalah seperti itu adalah masalah sepele dan hanya menunggu si anak suatu saat bisa berbicara atau sekedar menyebut kalimat sederhana seperti diatas. Padahal kita belum tahu apa yang terjadi kedepannya, apakah memang si anak membutuhkan sedikit  bantuan untuk berbicara dan menyebutkan kata-kata sederhana atau tidak, tetapi alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua waspada jika memang melihat ada yang janggal pada anak. Saat anak-anak lain yang seusianya sudah bisa memanggil ayah dan ibunya tetapi anak kita belum hal ini patut di waspadai, sesegera mungkin anak kita di bawa ke tempat-tempat terapi yang menangani anak-anak yang mempunyai gangguan bicara.

Tidak ada salahnya membawa anak kita ke terapi gangguan bicara, jangan takut dan jangan malu anak kita di cap sebagai anak berkebutuhan khusus, kenyataanya anak kita memang mebutuhkan itu untuk kedepannya, agar anak kita nanti tidak kesulitan untuk berkomunikasi dengan teman-temannya, kita sebagai orang tuanya dan orang-orang di sekelilingnya. Di rumahpun orang tua harus membiasakan melatih si anak berbicara seperti :

  • Berbicara dengan jelas kepada anak agar anak lebih mudah menangkap kata-kata yang keluar dari mulut kita
  • Jangan pernah memotong pembicaraan anak, biarkan si anak berbicara sampai selesai
  • Biarkan anak lepas dalam berbicara, jangan selalu menyuruh anak untuk berhati-hati dalam berbicara, karena dapat mengakibatkan si anak jadi ragu-ragu dan tidak percaya diri untuk berbicara
  • Jangan juga mengkritik anak tentang kalimat yang dia ucapkan sekalipun kalimat itu salah, biarkan dia berekspresi dengan kalimat-kalimatnya, biarkan si anak menjadi percaya diri dan tidak takut untuk berbicara.
  • Luangkan waktu untuk sekedar mengobrol dengan anak, karena ini juga dapat membangkitkan rasa percaya diri anak dan si anak merasa di hargai
  • Yang paling penting bagi orang tua adalah, jadilah contoh yang baik untuk anak, berbicaralah dengan jelas dan lembut, karena bagaimanapun, anak akan menjadikan orang tua sebagai panutan.
Posted in Artikel
Hubungi Kami
0851 014 0 3939
0853 743 0 3939


Alamat
Jl. Mesjid Bendungan
RT 02/07 No.28a
Dewi Sartika_Cawang
Jakarta Timur
13630
Google Maps

Ruko Bukit Cimanggu City
Blok A1 No.42
(Sebelah Hotel Bogor Icon)
Bogor
16166
Google Maps

SD AL AZHAR Pusat
Lantai 2
Jl. Sisingamangaraja, Keb. Baru
Jakarta Selatan
12110
Google Maps
Layanan AMGCLINIC